Rabu, 23 Februari 2011

TRY OUT SEASON I

Kalo bicara soal try out pasti identik sama ujian. Soalnya biasanya sebelum ujian dilaksanakan, pasti banyak try out yang harus diikuti. Sebenarnya try out diadakan untuk mengukur seberapa siap seorang siswa untuk menghadapi ujian. It’s my opinion.
Empat hari yang lalu aku baru saja mengikuti try out yang diadakan Kabupaten. Rasanya deg-deg kan. Nervous kalo dalam bahasa inggrisnya. Hehehe. Padahal dulu waktu SMP rasanya nggak segugup ini. Biasa aja, tenang banget…nggak ada beban. Tapi entah mengapa sekarang kog jadi deg-deg kan ya.? Hemhemhem.
Try out dilaksanakan hari Senin-Kamis tanggal 21-24. Tepat harus masuk pukul 07.30 wib. Jadwalnya seperti yang tertera dibawah ini :
Senin
Bahasa Indonesia
Biologi
Selasa
Matematika
Rabu
Bahasa Inggris
Kimia
Kamis
Fisika
Hari senin udah mulai try out tapi aku hari minggunya malah bersantai ria. Pagi sampai siang cuman ngerjain soal-soal Bahasa Indonesia. Siangnya malah jalan-jalan sama kakakku beli tahu, jamur, kentang crispy. Plus jus melon sama jus jambu merah. Waduh, parah banget. Malah makan-makan aku nggak belajar. Hahaha. Tapi malam sama paginya aku belajar. Nggak mau kehilangan kesempatan untuk mengukur kemampuan yang aku miliki.
Hari pertama try out. Alhamdulilah lumayan lancar. Bahasa Indonesia masih bingung cari jawaban yang pas. Tapi udah tau model soalnya kayak apa. Jadi, harus banyak berlatih lagi. Kalo Biologi aku rada-rada bingung. Soalnya kan hafalan, mana aku belum hafal semuanya lagi. Jadi, harus banyak baca lagi untuk Biologi. Hahahaha.
Hari kedua try out. Angkat tangan aku. Soalnya di luar dugaan. Tak pernah terbayangkan sebelumnya (lebay). Sulit banget. Baru buka soalnya udah nggak bersemangat ngerjakan. Nggak sampe setengahnya aku bisa ngerjain. Masih bingung kalo soalnya sin, cos, sama dimensi tiga. Evaluasi dirinya harus banyak ngerjain soal dengan berbagai tipe.
Hari ketiga try out. Pelajarannya aku suka jadi semangat buat belajar. Alhasil, alhamdulilah lumayan lancar. Lebih baik daripada hari kedua kemarin. Bahasa Inggris harus banyak belajar tentang sinonim sama antonim. Soalnya banyak keluar. Kalo Kimia harus banyak membaca teori-teori sama ngerjain soal-soal lagi. Biar lebih mantap. Hehehe.
Hari terakhir try out. Sumpah malemnya aku cuman belajar soal-soal UNAS tahun 2009/2010. Habisnya aku bingung mau belajar apa. Banyak banget rumus yang harus dihafalkan, itu yang membuat aku males banget buat belajar. Apalagi pelajaran kelas X. Haduh haduh haduh. Tapi waktu pelaksanaannya bisa ngerjain semua. Karena ruang kelas aku diskusi. (Rahasia Lho ya). Hahahaha.
Jadi, kesimpulan dari tulisanku di atas. Aku belum sepenuhnya siap untuk mengikuti ujian. Masih banyak yang harus diperbaiki. Masih banyak yang harus dipelajari dan dipahami. Yang penting tetep semangat aja. Insyaallah Allah memberikan kemudahan. Amien.

Tidak ada komentar: