Jumat, 24 Juni 2011

Kos Sehari

Di sini aku mau nyeritain pengalaman pertama menjadi anak kos. Gimana sih rasanya jadi anak kos.? Gimana sih kehidupan anak kos.? Gimana sih hidup di dunia yang jauh dari keluarga.? Dan semua yang berhubungan dengan kos-kosan. Meskipun aku baru mau menjadi anak kos, tapi aku sudah mencoba menjadi anak kos selama sehari. Terlalu singkat menyimpulkan kehidupan anak kos mungkin. Tapi setidaknya aku sudah memiliki gambaran tentang kehidupan kos-kosan meskipun cuman sedikit.

Berawal dari tes toefel yang harus aku ikuti. (14/06) tes itu dilaksanakan, tepat pukul 14.15 wib. Rencana mau berangkat pada pagi harinya dan langsung pulang setelah tes. Tapi, setelah aku pikir-pikir nanti pasti aku capek banget. Belum lagi aku kan ”pemabuk darat”. Dan akhirnya rencana itu berubah. Aku memilih untuk berangkat lebih awal yakni (13/06). Satu hari sebelum tes diadakan. Karna di sana juga udah dapat kos-kosan jadi kenapa nggak sekalian dicoba. Biar nggak kaget nantinya. Aku berangkat dari rumah sekitar pukul 13.00 sama kakakku tercinta. Huakakaka. Maaph kak, harus maksa kamu buat bolos ngajar. Mohon maaph ya murid-murid kakakku. Hehehe.

Pertama kali naik bus sih enggak, dulu udah pernah diajak sama kakak aku ke Malang waktu dia ngurus skripsi. Jadi, udah biasalah. Huakakaka. Yang nggak biasa itu naik bus kota. Pertama kali naik bus kota diriku shocked. Gimana nggak.? Tempat duduknya aja udah nggak layak pakai, trus udah pada kropos lagi, ditambah bau asem yang menyebar ke seluruh ruangan bus. Jiah...Hadeuh hadeuh (sambil ngelus dada). Tapi dengan bus kota lah kita bisa berkeliling kota. Saran saya sebagai pengguna transportasi umum, mungkin bisa lebih diperhatikan lagi kenyamanan penumpangnya aja sih. Selebihnya mah okelah. :)

Kami tiba di kos-kosan sekitar jam lima mungkin. Sesampainya di sana kami langsung menuju kamar kos. Tapi, terpaksa mengusir teman satu kamar aku karna aku kan sama kakakku. Jadi, kalo satu ranjang dibuat bertiga kan nggak muat. Akhirnya, temanku ngungsi sebentar ke kamar sebelah. Namanya mbak Ayu. Maaph mbak merepotkan dan makasih udah mau direpotkan. :) Karna cuaca juga lagi panas-panasnya maka kami memutuskan untuk segera menyegarkan badan dan sholat ashar. Airnya sama kog kayak di rumah. Gubrakksss. Huakakaka. Polos banget dah diriku ini -__-”.

Setelah itu, tiba-tiba perut kami keroncongan minta makan. Makhlum siang tadi nggak sempet makan. Dan kamipun segera mencari sesuap nasi di depan gang. Banyak warung-warung yang berjajar. Dari nasi pecel, nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, tempe penyet, bakso, soto daging, dan berbagai aneka makanan terjual. Tinggal milih dah tu. Setelah muter-muter kamipun memilih membeli ayam goreng. Satu porsi 7ribu. Waduh, larang tenan rek. Dulu waktu di Malang, satu porsinya cuman 5ribu doang. Itu padahal juga ayam goreng. Bisa bangkrut dong kayak gini. Tapi setelah aku konfirmasi sama mbak Ayu, emang kalo makanan di depan gang agak mahal, kalo mau yang di perempatan lebih murah tapi kalo hari minggu libur. Oooo...begitu ya. Okeh, makasih atas infonya mbak :)

Sambil makan nasi, diriku sambil mikir. Gini ya rasanya jadi anak kos. Makan harus beli sendiri. Kalo di rumah mah tinggal terima jadinya. Selain itu juga, harus bisa bersosialisasi sama teman-teman satu kos, harus bisa bertanggung jawab sama diri sendiri, harus lebih mandiri lagi, harus pinter-pinter menempatkan diri, dan yang paling penting harus ngerti kewajiban. Singkatnya, harus pandai mengatur dan membawa diri. Karna anak kos kan jauh dari orang tua. Jadi, teman kos adalah keluarga kedua bagi kita. Kalo kita salah atau udah mulai melenceng ada lah yang ngingetin. So, harus pandai bergaul. Pandai mencari teman terutama. Mana teman yang memberi pengaruh positif dan mana yang membawa pengaruh positif. Okehhhh...!!!

Baru satu hari aja udah kangen sama rumah. Kangen masakan ibu, kangen candaan bapak, kangen sama kamarku, kangen sama semuanya. Hiks hiks hiks. Gimana kalo satu bulan atau tiga bulan nggak ketemu yah.? Parah...Parah...Parah... Aduh, mungkin belum terbiasa kali ya. Ntar kalo udah juga pasti bisa kog ngelewatin ini semua. Tetep semangat ya..!! Cak yo rek..!!

Segitu aja yang bisa aku tulis tentang pengalaman pertama menjadi anak kos. Selanjutnya mungkin akan aku ceritan beberapa bulan kemudian. Setelah aku benar-benar resmi menjadi penghuni kos. Udah benar-benar ngerti atau paham betul kehidupan anak kos. Aku akan berbagi dengan kalian semua blogger. Semoga ada manfaat yang bisa diambil setelah membaca artikel ini. Amien. See you later :))

Tidak ada komentar: