Rabu, 10 Desember 2008

Budayakan Bersepeda

Sekarang mucul trend baru di kalangan remaja yakni “kalo nggak naik sepeda motor berarti nggak keren”. Bisa kita lihat di sekitar kita para remaja kemana-mana naik sepeda motor. Beli gula di toko yang berjarak kurang dari 10 meter saja naik sepeda motor. Belum lagi kalau hari sabtu, wuih jalan-jalan raya penuh dengan pemuda-pemudi yang kebanyakan naik sepeda motor untuk sekedar nongkrong, bahkan menikmati malam minggu dengan pacar atau sahabat. Tidak salah memang jika kita sering memakai sepeda motor, tapi kita juga harus bisa menjaga lingkungan kita. Hubungan antara sepeda motor dan lingkungan sangat erat. Misalnya sepeda motor yang memproduksi asap knalpot dapat menyebabkan polusi udara. Mungkin kita pasti berfikir itu kan sepeda motor kita jadi terserah kita dong. Namun, apakah kita pernah berfikir sejenak akibat dari penggunaan sepeda motor?. Akibat dari penggunaan sepeda motor adalah membuat orang tua kita bekerja ekstra keras untuk memberi uang bensin khususnya buat yang masih sekolah, dan selain itu sepeda motor juga membuat polusi udara.
Kita pasti juga merasakan dampak dari banyaknya sepeda motor. Misalnya di Bojonegoro sendiri saat hari Jum’at di jalan Panglima Polim penuh dengan pengguna sepeda baik mulai dari anak sekolah sampai orang tua. Pengguna sepeda pancal tidak terlalu banyak dibandingkan pengguna sepeda motor. Perjalanan yang seharusnya lancar menjadi terhambat karena banyaknya pengguna sepeda dan orang-orang yang lewat. Bisa sampai lima bahkan sepuluh menit di jalan itu, karena semua pengguna jalan berjalan merayap. Dan belum ada polisi lalu lintas yang mengatur jalan.
Para pengguna sepeda pancalpun mulai bergeser dengan pengguna sepeda motor. Anak-anak sekolah yang naik sepeda pancal terkadang merasa malu karena tidak naik sepeda motor seperti teman-temannya yang lain kemana-mana tinggal tancap gas sedangkan yang naik sepeda pancal harus mengayuh sepedanya terlebih dahulu. Padahal jika kita berfikir sepeda pancal banyak sekali memberikan manfaat. Sepeda pancal tidak membuat kantong kita kering karena tidak usah memakai bensin dimana yang sekarang ini bensin mulai langka. Sepeda pancalpun sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara. Manfaat yang lain adalah dengan kita naik sepeda pancal setiap hari bisa menjadikan tubuh sehat. Karena dengan sepeda pancal kita bisa mengeluarkan keringat sekaligus berolahraga. Namun, tidak dapat dipungkiri sepeda motor juga sangat penting bagi kehidupan kita. Tergantung kita bisa mengatur penggunaan antara sepeda motor dengan sepeda pancal agar kita bisa lebih menyayangi tubuh dan lingkungan kita.

Tidak ada komentar: