Senin, 08 Desember 2008

Bumi Menangis

Bumi adalah tempat tinggal makhluk hidup. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua makhluk hidup mempunyai peranan untuk menjaga bumi. Dimana bumi harus dijaga karena jika tidak semua yang ada di bumi akan mengalami kerusakan-kerusakan. Namun, apa yang terjadi sekarang bumi menangis karena bumi telah rusak. Hal ini disebabkan karena ulah manusia yang tidak dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Manusia memang mempunyai peranan yang lebih penting dibandingkan hewan dan tumbuhan. Karena manusia yang dapat mengolah semua yang ada di bumi. Dulu saat melihat benua-benua dari atas udara yang terlihat adalah hutan-hutan yang lebat nan hijau dan laut yang biru dan bersih. Namun, sekarang hutan-hutan gundul, dan air laut yang tercemar oleh zat-zat kimia yang dapat membuat air menjadi kotor dan bisa membuat ikan-ikan mati.
Kemajuan teknologi yang sangat pesat justru membawa dampak negative. Pabrik-pabrik besar banyak yang berdiri. Dan beberapa pabrik ada yang memiliki cerobong asap yang sudah jelas membuat polusi udara. Selain itu banyaknya para pengguna sepeda motor dan mobil yang juga menambah polusi udara makin tinggi. Orang-orang yang makin tidak perduli pada lingkungan, dengan seenak hatinya membuang sampah dimana-mana. Bencana-bancana alam pun semakin menjadi-jadi. Mulai dari banjir, tanah longsor, angin puting beliung, sampai tsunami. Kalau sudah terjadi bencana alam yang disalahkan pemerintahnya. Padahal itu semua terjadi karena perbuatan manusia itu sendiri yang tidak menjaga lingkungannya.
Bagaimana dengan anak cucu kita jika kita terus menerus merusak bumi?. Jangan kita selalu berfikir untuk diri kita dan untuk sekarang saja tapi pikirkan untuk waktu yang akan datang juga. Jika kita mencemari air, maka esok kita dapatkan air dari mana, karena air juga bisa habis. Tanah-tanah menjadi kering sehingga tidak dapat ditanami apapun. Lalu bagaimana kita bisa memperoleh makanan?. Jangan egois, mementingkan diri sendiri apalagi orang-orang yang mempunyai jabatan tinggi. Dengan seenaknya menebang pohon tanpa memikirkan akibatnya karena hanya untuk mendapatkan uang.
Semua berawal dari diri kita sendiri. Jika kita mau membuang sampah pada tempatnya, dapat menjaga lingkungan sekitar, dan tidak menggunakan sumber daya alam secara berlebihan. Memang tidaklah mudah melakukan itu semua. Namun, jika kita memikirkan untuk ke depan maka kita akan senantiasa selalu melakukan yang terbaik. Semoga saja semua yang terjadi sekarang menjadi pengalaman yang berharga bagi kita semua dan kita bisa merubah kebiasaan buruk kita demi masa depan kita.

Tidak ada komentar: