Rabu, 12 November 2008

RamadHan


Alhamdulillah bulan Ramadhan telah kita lewati. Di akhir bulan ramadhan tahun ini banyak sekali perubahan yang saya rasakan. Perubahan setelah saya masuk sekolah baru dan mempunyai teman-teman baru. Selain itu saya juga harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru juga. Sedih sekali harus berpisah sama teman-teman SMP yang udah deket, tapi mau bagaimana lagi waktu yang harus memisahkan kita
Di bulan ramadhan yang paling saya sukai adalah saat sahur bersama, buka bersama, dan terawih di masjid bareng sama tetangga dan teman-teman. Saat sahur, saya pasti di bangunkan sama ibu saya tercinta kalo tidak gitu saya tidak akan bangun. Waktu itu ibu saya sedang penataran di Surabaya selama satu hari, waktu sahur tidak ada yang bangunkan jadinya saya dan bapak saya tidak sahur. Bangun-bangun udah adzan subuh, jadi telat deh. Untung penatarannya cuman satu hari aja coba sampe satu minggu bisa-bisa tidak puasa. Sebelum buka puasa pasti semua makanan sudah disiapkan di meja tinggal makan aja saat adzan magrib berkumandang. Saking banyaknya sampe-sampe bingung buat makannya. Kalo masalah terawih di lingkungan rumahku pada hari pertama terawih pasti jamaahnya banyak banget sampe penuh , tapi nanti sepuluh hari kemudian pasti mulai berkurang sedikit demi sedikit apalagi kalo hari terakhir terawih tinggal beberapa aja yang ikut terawih. Mungkin karena lingkungan perumahan kali ya jadi banyak yang sudah mudik ke kampung halaman masing-masing.
Di akhir penghujung bulan ramadhan ada lomba takbir keliling di desa saya. Setiap akhir tahun pasti diadakan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri. Peserta yang mengikuti lomba tersebut bukan hanya dari masyarakat setempat tapi juga dari luar desa contohnya Kendal. Banyak yang berminat untuk mengikuti lomba tersebut karena dalam lomba tersebut juara pertama mendapatkan uang sebesar tiga ratus ribu sedangkan yang tidak mendapatkan juarapun juga mendapatkan uang transport. Tapi, sayang yang bisa ikut lomba takbiran cuman cowok-cowok aja. Penonton yang datang untuk melihat ataupun untuk menyemangati tim kesayangan mereka sangat banyak sekali. Ada juga beberapa penjual yang menjajakan makanannya. Mulai dari penjual goreng-gorengan sampe penjual minuman. Jadi, momen tersebut bisa mendatangkan untung buat para penjual.

Tidak ada komentar: