Sabtu, 19 Maret 2011

Praktikum Yuks…!!!

Agenda kedua minggu ini adalah Ujian Praktik. Mulai dari tanggal 7 sampai 12. Ujian ini mengingatkanku sama ujian praktik tiga tahun yang lalu. Ketika aku masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Yang paling aku ingat waktu ujian praktik olahraga. Gimana nggak ingat.? Disuruh lari mulai dari MH.Thamrin belok ke Panglima Sudirman, belok Kantor Pos. Trus lurus nyampe deh di SMP N 1 Bojonegoro. Capek banget waktu itu. Hahaha.
Praktik hari pertama adalah Mandarin sama Agama. Kalo Mandarin disuruh memperkenalkan diri dan menghafalkan arah-arah. Sedangkan Agama, menghafalkan surat-surat pendek sama sholat wajib ataupun sunnah. Jadwalnya harusnya Mandarin dulu baru Agama. Tapi karena waktu yang nggak memungkinkan makanya kelas aku dibagi menjadi dua, trus yang separo ikut praktik Mandarin yang separo lagi ikut praktik Agama biar cepet selesai. Dan aku kebagian yang praktik Agama dulu. Capek nunggu aku. Soalnya aku masuk kloter terakhir. Tapi itu menjadi keuntungan buat aku soalnya aku bisa menghafalkan lebih lama surat-surat pendek biar lebih mantap lagi. Meskipun ada juga yang setengah hafal ataupun nggak hafal sama sekali. Hehehe. Alhamdulilah, aku dapat undian untuk menghafal QS. Alam Nasrah. Setelah praktik Agama selesai, aku langsung capcus ke multimedia untuk praktik Mandarin. Tinggal segelintir orang di sana, karna yang lain udah pada pindah untuk praktik Agama. Dengan santai aku masuk ke ruang multimedia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari laoshi (guru dalam bahasa Mandarin) dengan lancar. Nggak selesai sampai situ aja, karna praktik sholat Agama belum. Setelah hampir setengah jam menunggu akhirnya Pak Muchin (guru penguji) datang dengan membawa undian. Aku maju nomor empat dengan mempraktikan sholat Idul Adha. Alhamdulilah....praktik hari pertama lancar.
Hari kedua praktik Kimia, B.Inggris, sama Webdesign. Yups, tiga mata pelajaran. Praktik pertama Kimia, Bu Erni udah mewanti-wanti harus datang jam tujuh tepat. Dan tepat pukul tujuh praktikum segera dimulai. Asyik praktik Kimia, campur mencampur. Hehehe. Selesai dari lab.Kimia kami segera pindah ke kelas untuk praktik B.Inggris. Praktik B.Inggris kali ini adalah writing. Menulis paragraf eksposisi dengan tiga tema. Mengenai kebijakan sekolah, kenakalan remaja, dan kewajiban siswa. Aku memilih nomor dua soalnya udah pernah aku bahas. Dengan ketentuan ± 200 kata. Hmhmhm..... Satu jam berlalu dan selesai sudah praktik B.Inggris. Tanpa membuang waktu kami meluncur ke lab.Komputer untuk paktik Webdesign. Praktiknya disuruh presentasi satu-satu trus dikasih pertanyaan. Enaknya kelompokan, jadi susah senang ditanggung bersama. Hahaha. Kelompok aku ada lima orang, mereka adalah : Aisya Maulyna Santoso, Alia Miftha Oryza Istanto, Ariane Kristianti, Bagas Putra Wahyu Santoso, dan Diantika Gita Pertiwi (me).
Rabu, itu artinya telah memasuki hari ketiga. Saatnya praktikum Fisika sama B.Indonesia. Olalala....Baru kali ini praktik Fisika. Aku sama dua orang kelompokku (Dian Muklis Satin dan Karisma Ade Surya) mendapat undian untuk merangkai katrol dan menghitung gaya gesek yang terjadi. Untung aku dapat yang gampang jadi cepet selesainya. Sambil menunggu anak-anak yang lain, aku berkeliling dunia untuk melihat percobaan anak-anak yang lain. Setelah merapikan seluruh alat, kami berjalan menuju lab.Multimedia untuk praktik B.Indonesia. Praktiknya disuruh untuk membacakan berita. Mau berita non formal atau formal, mau individu atau kelompok. Aku memilih kelompok dengan membacakan berita non formal. Aku satu kelompok sama Aisya Maulyna dengan membacakan berita hiburan (gosip). Lucu abis pokoknya. Ternyata enak jadi presenter gosip. Hahaha.
Tiga hari berlalu dan sekarang hari Kamis. Saatnya praktik Biologi. Paling enak nih praktiknya, soalnya di suruh bawa buah-buahan, sama sayuran. Jadi, bisa makan-makan. Hehehe. Ada yang bawa pisang ulin kesukaanku, pisang raja, pisang ambon, pisang susu, jeruk, salak, dan aneka lainnya. Dan aku kebagian buat ngamati penampang melintang daun monokotil sama dikotil. Untung bisa ngerjain soalnya. Hehehe. So, bisa dibilang sukses praktik hari ini.
Jum’at pun segera menyapa. Cuma satu mata pelajaran untuk praktik hari ini yaitu TIK. Praktiknya disuruh bikin foto dengan tema ditentukan trus di cetak jadi banner. Kita dikasih waktu kurang lebih enam hari. Cukuplah buat nyelesain tugas ini. Sampai aku menulis tulisan ini, tugas aku udah selesai dan udah aku kumpulin. Beres deh....
The Last, praktik Olahraga. Pagi buta jam 06.00 aku sudah sampai di Stadion. Agenda pagi ini adalah lari muter stadion sebanyak 4 kali. Tanpa sempat sarapan, aku langsung capcus. Udah pada kumpul anak-anak. Udara pagi ini seger banget, apalagi matahari bersahabat banget. Setelah nunggu kurang lebih setengah jam, guru OR ku akhirnya datang juga. Langsung saja praktik lari pagi ini berlangsung. Mulai kelas Bahasa, IPA 1 (kelasku), baru IPA 2. Cewek dulu baru cowok. Jadi, harus ngantrilah. Praktik lari selesai pukul 08.30. Nggak cukup sampai situ aja, praktik masih dilanjutkan dengan basket di lapangan sekolah (SMAdaBO). Kami diberi waktu 30 menit untuk istirahat. Setelah sampai di sekolah, aku langsung ke kantin untuk beli nasi. Cacing di perut aku udah pada demo minta makan. Hehehe. Praktik basketnya disuruh drible sama shoting. Karna aku nggak jago main basket, jadi nggak bisa maksimal. Tapi tanpa dugaan, shotingku masuk dua kali. Ajaib...!! Eits, masih ada satu praktik lagi. Renang. Tepat pukul 11.30 praktik renang dimulai. Terik panas matahari tak menyurutkan langkah kami untuk mengikuti praktik renang. Tapi satu jam sebelumnya, aku sama teman-teman sudah ada di kolam renang. Niatnya mau belajar dulu tapi malah main-main sama anak-anak. Seruuuuuu.....Asyiiiiiik.....Goookkkiillll.........Godain adik-adik kecil yang renang ndek bak satu. Berendam di bak satu yang seharusnya buat anak-anak kecil. Gila-gilaan bersama. Hahaha.
Jarum jam menunjukkan pukul 13.00. Praktik hari ini akhirnya selesai. Penutupan ujian praktik yang sangat menyenangkan. Hmhmhm. Sukses dan tetep semangat untuk menjalani hari-hari ke depan para penghuni RESIP1ENT season 2.

Tidak ada komentar: